Kamis, 21 Agustus 2014

Membedah buku Halaqah Cinta Part 1

Diposting oleh eva yuanita di 14.50


Penulis   : @teladanrasul
Penerbit : QuantumMedia

Pengen cepet ketemu jodoh?
6 Hal penting dalam buku ini yang perlu kamu tahu.
  • 7 manfaat menikah yang bisa membuat lebih bahagia dan sukses dunia - akhirat.
  • 7 masalah yang membuat seseorang telat nikah plus solusinya.
  • 8 aspek perbaikan diri biar cepet ketemu jodoh yang kamu inginkan.
  • 7 hikmah saat berikhtiar mencari jodoh biar kamu nggak gampang putus asadan tetap optimis.
  • 9 rahasia yang memudahkan berjalan menuju gerbang pernikahan.
  • Tip - tip praktis menjemput jodoh sesuai anjuran Rasulullah, mulai dari menyucikan niat, meminta restu orang tua, melakukan ta'aruf sesuai syariat, khitbah, akad, dan walimah.
Next sekarang kita sedikit membedah isi buku ini (sesuai dengan yang saya baca yah,, maap-maap kalau kurang jelas).


  • 7 Manfaat menikah. Menikah apa untungnya ??????
1. Menapaki Jalan Sunah.
"Menikah adalah sunahku. Barangsiapa enggan melaksanakan sunahku, ia bukan termasuk golonganku. Menikahlah, karena sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya jumlah kalian dihadapan seluruh umat. Barangsiapa memiliki kemampuan untuk menikah, menikahlah! Dan, barangsiapa belum mampu, hendaklah berpuasa, karena puasa adalah perisai baginya dari berbagai syahwat." (HR. Ibnu Majah)

Menikah adalah menapak di jalan sunah. karena kita mengikuti sunah Rasulullah, kita akan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang luar biasa. Dan, karena kita mengikuti sunah manusia yang paling ajaib cintanya, kita akan menemukan surga sebelum surga. Baiti jannati, rumahku surgaku. Mencintai pasangan halal kita adalah kebahagiaan yang tiada tara. Cinta adalah  ruh yang menggerakkan kita untuk membuat pasangan kita bahagia.  Dalam jenak - jenak waktu yang tak henti berjalan, kita terus mencintainya, menyayanginya, dan melakukan apa saja untuk membuatnya bahagia. Menjelang tidur dan bangun, ketika pergi dan datang, saat letih dan segar. sepanjang waktu kita gunakan untuk membuatnya bahagia.

2. Menghindarkan diri dari maksiat.
Godaan syahwat semakin hari semakin liar. Pria dan wanita semakin bangga mempertontonkan auratnya. Generasi muda benar-benar sulit menjaga diri dari panah-panah setan yang mengundang syahwat.Menjaga pandangan, pendengaran dan perkataan ibarat menggenggam bara api yang masih menyala.Godaan itu masuk lewat iklan - iklan dan program-program televisi, melalui website dan media social.

"Siapakah dia yang sanggup mengendalikan syahwat, ibarat kuda liar yang dikekang temali kuat. Jangan kau berangan-angan dengan maksiat nafsu dikalahkan, maksiat itu  makanan yang membuat syahwat, semakin buas". ~ Syekh Al-Bushiri ~

Allah Mahatahu. Tak ada yang lebih tahu tentang diri kita selain dia. Karenanya, Allah mensyariatkan pernikahan. Salah satu manfaat pernikahan adalah sebagai benteng kita dari perbuatan keji dan hina. Pernikahan adalah cara yang insya Allah efektif untuk memelihara kita dari kerusakan akhlak.

Benar sih, godaan syahwat memang lebih banyak dirasakan oleh para pria. Sedangkan pada wanita godaan nya beda. Perhatian dan ungkapan kasih sayang lebih sering menggangggu kualitas iman mereka. Bahkan, kdang datang dari orang yang kelihatannya saleh dan berakhlak baik. Para moduser maksud nya. Gombalisme itu banyak macamnya teman. Salah satunya 



3. Sebagai Wujud Ibadah Kepada Allah.
Rumah tangga adalah salah satu ladang amal saleh. Setelah menikah, berlomba-lombalah dalam kebaikan. Perlombaan yang penuh berkah! 

Rasulullah bersabda, " Semoga Allah merahmati seorang laki-laki yang bangun malam, lalu mengerjakan salat malam, lalu membangunkan istrinya, dan ia ikut salat bersamanya. Bila si istri enggan, ia memercikkan air di wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang wanita yang bangun malam, lalu mengerjakan salat malam, lalu membangunkan suaminya , dan ia ikut salat. Bila si suami enngan, ia memercikkan air di wajahnya," (HR. Abu Dawud).

Ibadah kita insya Allah akan meningkat jika kita menikah karena Allah dan untuk meneladani sunah Rasulullah.Kalau amal baik sang istri adalah buah dari didikan sang suami, Allah akan mencatat kebaikan yang sama untuk suaminya itu. Kalau amal baik sang suami berkat ilmu yang disampaikan oleh sang istri, pahala yang sama juga akan diberikan kepada sang istri. Yang nggak kalah penting, saat menikah kita akan terus - terusan bersedekah. Nafkah untuk istri kita adalah sedekah. Bantuan dan pemberian untuk sang suami adalah sedekah.

4. Dua Keutamaan untuk Suami dan Istri.
Suami terbaik itu.......
"Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum Mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baiknya kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya." (HR. Tirmiidzi dan ibnu Majah).

Dalam hadist ini, terdapat peringatan bahwa orang yang paling tinggi kebaikannya dan yang paling berhak untuk disifati dengan kebaikan adalah orang yang paling baik akhlaknya terhadap istrinya. Karena istri adalah orang yang berhak untuk mendapatkan perlakuan yang mulia, akhlak yang baik, perbuatan yang baik, pemberian manfaat dan penolakan mudharat.

Karena kita ingin menjadi yang terbaik, kita harus selalu berusaha tersenyum. Sering - seringlah mengucapkan terimakasih kepada istri. Kalau salah jangan sungkan meminta maaf. Berbicaralah dengan kalimat yang santun. Berilah pujian, lakukan yang terbaik untuk membahagiakan hatinya. Semua nya insya Allah bernilai kebaikan dimata Allah. Bahkan, bercanda dengannya akan dinilai sebagai kebaikan disisi-Nya.

Rasulullah bersabda, "Segala sesuatu selain zikrullah adalah permainan dan kesia-siaan, kecuali empat hal, yaitu seorang suami yang mencandai istrinya, seseorang yang melatih kudanya, seseorang yang berjalan menuju dua sasaran(memanah), dan seseorang yang berlatih renang." (HR. An-Nasa'i)

Kalau Istri yang paling baik itu....


Keangkuhan seperti apakah yang harus dipertahankan antara sepasang suami istri? Sesungguhnya, wahai istri, permohonan maafmu kepada suami tidak akan mengurangi kehormatanmu, bahkan akan menambah kehormatanmu di depannya. Akan membuatnya semakin mencintaimu. Permintaan maaf mu itu, walaupun  sebenarnya kamu tidak bersalah, insya Allah akan membuat suamimu malu terhadap dirinya sendiri dan membuat sadar untuk mengoreksi diri.

Untuk para calon istri sholeha, jadikan baktimu kepada suami sepenuhnya air samudera, agar berbalas ridha dan cinta Sang Maha Pencipta. Ikhlaskan baktimu karena Allah, berusaha dengan cara terbaik. Lakukan untuk mendapatkan ridha suami, agar Allah pun ridha terhadapmu.

"Jika seorang wanita menegakkan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kesuciannya dan mematuhi suaminya maka akan dikatakan kepadanya (di Hari Pengadilan). 'Masuklah de dalam surga dari pintu yang kamu sukai!" (HR. Ahmad)

5. Mendapat Keturunan yang Saleh dan Saleha.
"Jika manusia mati maka pahala amalnya akan terputus darinya, kecuali dari tiga perkara, yaitu dari sedekah yang mengalir manfaatnya, ilmu yang diamalkan, dan anak saleh yang mendoakannya." (HR. Muslim, Abu Dawud< Tirmidzi dan Nasa'i)


Imam Al-Munawi berkata, " Seandainya tidak ada keutamaan menikah kecuali hadist ini saja cukuplah ia menunjukkan besarnya keutamaan menikah." Membentuk kepribadian anak yang saleh termasuk salah satu usaha terbaik yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam hidupnya.
Di surga kelak, insya Allah orangtua yang memiliki anak saleh dan saleha akan ditinggikan derajatnya sampai mereka sendiri takjub dan hampir tidak percaya. 

6. Menikah itu kunci Rejeki
Jangan menunggu kaya untuk menikah. Menikahlah maka kau akan kaya! Ini Allah lho yang menjanjikan langsung. Siapa yang lebih menepati janji dibandingkan Allah.


7.Menikah itu Menentramkan Rumah tangga yang sakinah adalah surga sebelum surga. Baiti Jannati. Bukan karena fisiknya, tapi lebih karena orang-orang yang didalamnya. 








Next Part buat pembahasan selanjutnya "Tunggu Apa Lagi???"







































0 komentar:

Posting Komentar

♥♥ Tinggalkan komentar anda...kritik dan saran sangat membantu yah ♥♥
♥♥ ^.^ ♥♥

 

Cerita Ku Copyright © 2011 Design by Infu5 (^o^) Blogger Template | Rumah's Desa koe